Mengenal Lebih dalam Manfaat Masker Lidah Buaya Bagi Kulit dan Rambut Anda

Perawatan kulit dan rambut kian lama semakin berkembang. Hal ini tentu tak lepas dari adanya perkembangan teknologi sehingga segalanya kini menjadi semakin mudah. Jika orang zaman dulu lebih memilih mengambil bahan alami secara langsung demi perawatan tubuh, maka orang di zaman modern ini sudah bisa memanfaatkan ekstrak dari bahan alami sehingga lebih simpel karena bisa didapat di toko online. Namun meski teknologi telah berkembang, masih banyak juga yang lebih memilih bahan alami misalnya dengan menggunakan masker lidah buaya.

Lidah buaya adalah jenis tanaman dengan kandungan air yang cukup banyak. Tumbuhan ini bisa sengaja ditanam, namun banyak juga yang tumbuh dengan liar pada negara yang iklimnya tropis. Anda tentu sudah tahu jika lidah buaya ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Ya, memang lidah buaya bagi kecantikan sudah banyak dimanfaatkan dan bahkan kini beberapa merek kecantikan mengeluarkan produk gel lidah buaya alami yang mengandung lidah buaya hingga sampai 99% di produknya.
Masker Lidah Buaya
Banyak sekali orang yang sering memanfaatkan lidah buaya ini untuk mengobati ragam kondisi kulit mulai dari kulit yang terbakar sinar matahari, luka bakar ringan hingga kerusakan pada jaringan kulit karena udara dingin ekstrim. Tak sedikit juga yang memakai lidah buaya sebagai obat penyembuhan luka dalam bedah, ketombe, kulit kepala bersisik dan masih banyak lagi. Penggunaan ini bukan tanpa alasan tapi memang karena lidah buaya memiliki banyak sekali khasiat yang mampu memperbaiki kulit.

Perlu diketahui juga jika beberapa bahan kimia yang ada di dalam lidah buaya mampu meningkatkan sirkulasi pada pembuluh darah kecil pada kulit serta membunuh bakteri hingga jamur. Selain itu, lidah buaya pun mengandung banyak senyawa aktif yang bisa mengurangi peradangan dan rasa sakit hingga merangsang pertumbuhan serta perbaikan kulit. Melihat manfaat lidah buaya yang begitu besar untuk tubuh terutama kulit, tak heran jika banyak sekali produk lidah buaya kemasan yang kini diburu oleh masyarakat. Untuk memudahkan membeli pun masyarakat bisa membelinya lewat situs belanja online.

Jika Anda ingin membuat masker lidah buaya rumahan dengan lebih alami, maka Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

1. Lidah buaya untuk wajah:
• Siapkan gula merah alami sebanyak 1 sdm, susu ½ sdm, dan lidah buaya yang sudah diambil dagingnya.
• Campurkan susu dan gula lalu aduk sampai tercampur rata.
• Kupas lidah buayanya sehingga daging buahnya bisa keluar dan iris tipis.
• Lanjutkan dengan memasukkannya ke campuran gula dan susu tadi dan Anda bisa mengoleskan langsung ke wajah yang sudah dicuci sebelumnya dan tunggu lima menit sebelum dibilas.

2. Lidah buaya untuk rambut:
• Siapkan daun lidah buaya dengan ukuran besar lalu kupas kulitnya agar dapat dagingnya.
• Anda tak perlu menambahkan air dan haluskan lidah buaya dengan menggunakan blender.
• Lanjutkan dengan menyaring lidah buaya yang sudah dihaluskan lalu tempatkan di wadah.
• Gunakan lidah buaya halus ini menjadi masker rambut dan diamkan lima menit baru dibilas.

Itulah cara membuat masker lidah buaya sendiri di rumah. Ternyata simpel dan mudah bukan? Dengan menggunakan masker tersebut secara rutin, maka Anda akan bisa mendapatkan manfaat dari lidah buaya untuk kulit wajah maupun kulit kepala Anda. Anda juga bisa menanam lidah buaya sendiri di rumah sehingga bisa memanfaatkannya dengan lebih bebas.