Miliki Ketahanan Dalam Kekuatan Otot Melalui Aktivitas Fisik

Setelah pubertas daya tahan jantung wanita 15 hingga 25 persen lebih rendah dibandingkan laki-laki. Perbedaan ini disebabkan oleh adanya maximal muscular power yang berhubungan dengan luas permukaan tubuh, komposisi tubuh, kekuatan otot, jumlah hemoglobin, kapasitas paru dan lain-lainnya.

Air minum PH tinggi dapat membantu agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik selama beraktifitas. Aktifitas fisik yang dilakukan lebih rendah seperti istirahat yang lama (3 minggu) akan menurunkan daya tahan jantung. Efek latihan aerobic selama 8 minggu setelah istirahat memperlihatkan peningkatan daya tahan jantung. Macam aktiftas fisik juga mempengaruhi daya tahan kardiorespirasi. Orang yang melakukan lari jarak jauh mempunyai daya tahan kardivaskuler yang lebih baik dibandingkan melakukan senam atau main anggar.

Kekuatan Otot (Muscular strength)
Kekuatan otot menggambarkan kontraksi otot maksimal yang dihasilkan oleh otot atau sekelompok otot. Kekuatan otot adalah kapasitas untuk mengatasi suatu beban/hambatan. Latihan kekuatan akan menghasilkan pembesaran pada otot dan peningkatan kekuatan otot. Kekuatan ini dapat diukur dengan melihat jumlah beban maksimum yang dapat diangkat dengan gerakan khusus. Seseorang mungkin memiliki kekuatan otot yang besar pada sekelompok otot tertentu, tetapi belum tentu sama pada kelompok lain.

Kekuatan otot juga diartikan sebagai kemampuan otot untuk menggunakan kekuatan pada suatu aktivitas. Untuk membuat otot kita menjadi lebih kuat diperlukan kerja yang dapat melawan kekuatan otot itu, dapat menggunakan gaya berat atau timbangan. Jika kita ingin memperoleh kekuatan otot, maka latihan yang dapat dilakukan adalah mengangkat sesuatu yang berat atau naik-turun tangga dengan cepat (rapidly taking the stairs). Rasa lelah yang didapatkan setelah aktifitas tersebut dapat tergantikan dengan mengonsumsi air alkali terbaik.


Daya Tahan Otot (Muscular Endurance)
Daya tahan otot adalah kemampuan otot untuk melakukan kontraksi yang beruntun atau berulang-ulang, mengatasi beban pada suatu waktu tertentu atau dengan kata lain daya tahan otot adalah kemampuan untuk melaksanakan kekuatan dan mempertahankannya selama mungkin. Latihan seperti tarik bada, angkat badan dan baring duduk adalah cara mengembangkan ketahanan otot latihan-latihan itu juga merupakan cara untuk menentukan ketahanan otot.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *