Semakin Sehat Dengan Puasa dan Ini Manfaatnya

Bulan Ramadhan adalah bulan yang di tunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Salah satu hal yang cukup membuat banyak orang senang adalah puasa. Selain menahan haus dan lapar, puasa sendiri mengajarkan kita agar menahan segala hal yang tidak baik dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Bukan hanya itu, melainkan puasa juga ternyata memiliki keuntungan untuk kesehatan anda.

Sehat dengan berpuasa adalah salah satu hal yang sudah banyak di rasakan oleh banyak orang. salah satu kewajiban umat Islam adalah untuk berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam dan ternyata hal ini juga mmeberikan kesehatan tersendiri bagi yang menjalankannya. Dengan berpuasa, kita hanya mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh, namun tidak dengan aktifitas yang ada.

Banyak yang membicarakan mengenai perubahan tubuh apa yang akan terjadi selama berpuasa, salah satu perubahan yang sangat terlihat adalah perubahan metabolisme yang anda miliki. Saat tubuh kita mulai memasuki kondisi berpuasa yaitu 8 jam lamanya, glukosa yang ada akan tersimpan di hati dan otot yang akan menjadi sumber energi anda saat berpuasa.

Dalam hal ini, saat beberapa hari anda berpuasa nantinya protein juga akan ikut terpecah dan mrubahnya menjadi energi. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa Sehat dengan berpuasa adalah slah stau hal yang pas menggambrakan bagaimana kondisi tubuh saat berpuasa. Namun selain itu, tahukah anda bahwa puasa sendiri memberi keuntungan untuk anda?

Sehat dengan berpuasa adalah salah satu hal yang saat ini banyak di bicarakan. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui apa saja keuntungan yang di dapatkan oleh tubuh saat berpuasa. Berikut ini adalah keuntungan yang akan di dapatkan oleh tubuh saat berpuasa:

1. Berpuasa sendiri dapat menurunkan berat badan
Seperti yang kita ketahui bahwa berpuasa sendiri menahan kita untuk mengkonsumsi banyak makanan dan mengatur pola makan yang ada. pada tahun 2015 di lakukan sebuah penelitian bahwa puasa sendiri dapat menurunkan berat badan bahkan hingga 7% banyaknya. Bukan hanya itu, lemak anda juga akan berkurang hingga 5kg.

Hal ini di karenakan glukosa yang biasanya berubah menjadi lemak berubah menjadi sumber utama energi yang digunakan untuk beraktifitas hingga di gunakan untuk penurunan berat badan. Tentunya penurunan berat badan ini juga kan mempengaruhi kadar penurunan kolestrol, gula dan tekanan darah sehingga menjadi lebih sehat.

2. Dapat meningkatkan masa otot yang dimiliki
Hormojn pertumbuhan akan di doronh keluar saat anda berpuasa. Beberapa hormone aktif nantinya akan mendorong dan membangun masa otot. Tentunya hal ini akan mempengaruhi bahwa puasa dapat meningkatkan kekutana otot dan mengurangi kelebihan lemak yang ada.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Tinggalkan Balasan