7 Cara Mudah Mewujudkan Ide Desain Rumah Minimalis

Semakin sempitnya lahan pemukiman di perkotaan dibanding dengan pertambahan jumlah pertumbuhan penduduk, menjadikan keluarga-keluarga baru yang tinggal di daerah urban memutuskan untuk membangun rumah minimalis. Luas rumah minimalis sendiri berkisar antara 60 m2 sampai 100 m2. Meski dengan lahan terbatas bukan berarti juga membatasi kreativitas dalam mendesian rumah.

Bangunan yang minimalis menjadi tantangan tersendiri agar dapat disulap menjadi rumah yang nyaman, cantik, tanpa kekurangan ruang. Lahan yang terbatas bukan menjadi halangan untuk dapat mewujudkan rumah impian.

Berikut 7 langkah yang dapat dilakukan sebelum mendesian rumah minimalis yang mudah untuk Anda aplikasikan.

1. Tentukan Kebutuhan Ruang
Jumlah keluarga akan sangat berpengaruh terhadap kebutuhan ruang, khususnya jumlah kamar. Biasanya jumlah kamar untuk rumah minimalis adalah 2-3 kamar. Untuk keluarga baru, cukup dengan dua kamar terlebih dahulu. Jika lahan terbatas sementara kebutuhan ruang kamar lebih dari 3, bisa memanfaatkan pembangunan vertikal (rumah tingkat).
Umumnya 2 kamar, dapur minimalis, ruang keluarga yang juga merupakan ruang multifungsi, toilet, tempat cuci, garasi, dan taman minimalis.

2. Membuat Sketsa Lay-out Sederhana
Jika sudah mengetahui jumlah kebutuhan ruang, mulailah membuat sketsa lay-out sederhana sesuai dengan ketersediaan lahan. Luas kamar untuk desain rumah minimalis hendaknya tidak terlalu besar, karena sentra kegiatan keluarga bisa memanfaatkan ruang keluarga. Ukuran kamar cukuplah untuk tempat tidur, lemari pakaian, dan meja minimalis untuk belajar atau rias. Untuk Anda yang hobi masak pun, dapur tidak perlu terlalu luas.

Ruang yang terbatas dapat dimaksimalkan dengan lemari dapur dengan banyak laci, sehingga dapat memuat banyak koleksi alat masak sesuai dengan hobi Anda. Jika kebutuhan masing-masing ruang cukup besar, dan hanya menyisakan sedikit lahan untuk taman minimalis, maka dapat dipertimbangkan tanaman hidroponik, yaitu teknik menanam dengan memanfaatkan ruang vertikal. Sebisa mungkin jangan menghilangkan taman meskipun dengan lahan yang sangat terbatas, karena taman berfungsi mempercantik rumah minimalis.

3. Konsultasi ke Arsitek
Setelah membuat sketsa lay-out sederhana , konsultasikan ide Anda dengan arsitek. Bisa dengan jasa professional atau dengan memanfaatkan kenalan atau relasi Anda. Konsultasi ke arsitek menjadi penting untung mengetahui apakah desain rumah yang Anda maksud dapat terwujud dengan kesediaan lahan yang ada. Konsultasi ke arsitek juga penting untuk mengetahui kisaran anggaran yang diperlukan untuk mewujudkan ide rumah minimalis. Dengan mengkonsultasikan Dan ini erat kaitannya dengan point berikutnya dalam artikel ini.

4. Menyesuaikan dengan Anggaran
Dalam pembangunan rumah minimalis sesuai dengan desain rumah yang diinginkan, sebaiknya sesuaikan dengan ketersediaan anggaran Anda. Bukan justru sebaliknya, anggaran yang mengikuti kemauan dan keinginan. Jika tanpa mengukur kemampuan anggaran yang ada, maka yang terjadi adalah pembengkakan anggaran dan pembangunan rumah minimalis terus mengikuti kemauan, bukan kemampuan. Pembangunan rumah minimalis dapat dilakukan dengan beberapa tahap sesuai ketersediaan anggaran. Tidak harus sekaligus.

5. Mencari Ide Desain Interior
Tidak perlu menjadi ahli desain interior untuk dapat mewujudkan desain rumah minimalis yang nyaman dan terlihat mewah, Sekarang sudah banyak website atau akun-akun medsos yang berisi ide tentang desain interior rumah minimalis. Sering-sering lah mengeksplore ide-ide untuk dapat meniru atau memodifikasi contoh yang ada. Pertimbangkan beberapa referensi desain hasil eksplorasi dari internet sebelum mengambil keputusan desain rumah mana yang ingin dicontoh. Perlu diingat, bahwa masing-masing keluarga memiliki kebutuhan ruang yang berbeda. Sehingga sebagus apapun ide desain rumah minimalis yang Anda dapatkan dari internet, sebaiknya konsultasikan dan rundingkan terlebih dahulu dengan anggota keluarga yang lain. Hal ini diperlukan agar rumah minimalis yang Anda desain sesuai dengan kebutuhan keluarga.

6. Berkreasi Dengan Furniture Minimalis
Setelah pembangunan rumah minimalis sudah terwujud sesuai dengan desain rumah yang direncanakan, selanjutnya adalah memilih furniture. Berkreasilah dalam menentukan furnitur sesuai dengan ide desain interior yang sudah dipilih. Mulailah berburu furniture-furniture minimalis yang dijual umum di toko-toko mebel maupun toko besar yang serba ada. Furnitur cantik yang minimalis tidaklah mesti mahal, yang penting sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Anda juga dapat memenfaatkan toko-toko online dalam melakukan pembelian furniture, atau sekedar mencari referensi furniture yang sesuai. Bahkan jika cukup kreatif, Anda dapat mendesain sendiri furniture sesuai kebutuhan dan memesan costum ke toko. Atau bahkan Anda dapat membuat sendiri furniture minimalis dengan memanfaatkan barang bekas.

7. Memanipulasi Kesan Ruang
Dalam mendesain rumah minimalis, memodifikasi ruang bersama atau ruang keluarga agar terlihat besar dapat dilakukan dengan menambah cermin di salah satu sisi. Cermin menambah kesan rumah lebih luas daripada ukuran sebenarnya. Cermin bisa diletakkan diatas meja di atas meja berisi hiasan, ataupun di letakkan cermin hias khusus di salah satu sisi ruang. Selain cermin, manipulasi kesan ruang juga dapat dilakukan dengan memberikan lemari kaca sebagai sekat dan dapat dilihat dari dua sisi. Lemari kaca dapat diisi dengan koleksi buku Anda maupun dengan pajangan. Berkresilah dalam mengisi sisi atau furniture minimalis Anda dengan pajangan atau hiasan yang menampilkan kesan segar dan cantik, meskipun dengan ruang terbatas. Mainkan berbagai macam warna cat dan hiasan di ruang tamu untuk memperkaya kesan artistik.

Demikian beberapa tips desain rumah minimalis. Namun perlu diketahui kembali bahwa, sebagus-bagusnya rumah, kenyamanan rumah ditentukan kembali oleh keharmonisan penghuninya. Betapapun sempurnanya rumah Anda, jika tidak dibersamai dengan keharmonisan keluarga maka bangunan dan pajangan yang sudah Anda wujudkan hanya menjadi kosong belaka. Maka jangan lupa juga untuk membangun ruh keluarga yang harmonis selain membangun rumah minimalis yang Anda impikan. Selamat mewujudkan ide desain rumah minimalis!

Leave a Reply