7 Langkah yang Membuat Belanja Online Anda Aman

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, semakin banyak orang yang tergiur untuk berbelanja secara online. Belanja online terpercaya dinilai lebih praktis dan ekonomis dalam mengakomodir kebutuhan belanja. Alhasil toko online dan situs web belanja online laris manis dibanjiri para pelanggan. Banyak keuntungan yang didapat dari belanja online dibandingkan dengan belanja offline, diantaranya adalah lebih hemat waktu, hemat tenaga, serta berkesempatan mendapatkan harga promo dan diskon. Namun dibalik kenyamanan belanja secara online, masih ada juga segelintir konsumen yang merasa dirugikan akibat berbelanja secra online. Kerugina ini diakibatkan adanya praktik penipuan dan pencurian data dalam traksaksi online. Padahal jika mau berhati-hati dan waspada serta mengupdate ilmu tentang belanja online, kerugian tersebut dapat diminimalisir. Kurangnya tingkat kewaspadaan dan pengetahuan yang dimiliki inilah yang membuat belanja online menjadi sebuah momok yang cukup menakutkan bagi kalangan tertentu.

Untuk Anda yang ingin agar transaksi belanja online Anda aman, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda tempuh agar transaksi yang Anda lakukan tak menimbulkan kerugian.

1. Pastikan situs belanja online terpercaya

Sebelum Anda berbelanja dan melakukan transaksi secara online, Anda perlu memilih situs web atau toko online yang benar-benar kredibel dan terpercaya. Jangan sampai ada kesalahan dalam pemilihan tempat belanja atau alamat situs sehingga Anda merasa tertipu. Oleh karena itu Anda perlu memastikan bahwa situs belanja online Anda aman dan terpercaya dalam berbagai sisi. Ketika Anda membeli produk atau barang dari penjual atau toko online yang terpercaya, maka kemungkinan Anda untuk ditipu dan dirugikan dapat diminimalisir. Sebelumnya Anda perlu mengecek terlebih dahulu kredibilitas dari toko online agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ada baiknya jika Anda mengecek situs web atau nomor telepon penjual terlebih dahulu lalu mencari ulasan atau review-nya dari melalui Google. Paling tidak, dengan melihat review-nya Anda dapat melihat kredibilitas serta kelayakan dari toko online yang Anda tuju. Jika review-nya bagus dan terpercaya, maka Anda dapat melanjutkan transaksi di toko online tersebut.

Salah satu situs belanja online yang kredibel dan terpercaya adalah ilotte.com yang berupaya untuk memberikan fasilitas belanja yang mumpuni bagi para konsumen. Dengan fitur-fitur belanja yang canggih, ilotte.com dapat mendukung kegiatan belanja online Anda dengan maksimal dan terpercaya. Terdapat rekber didalamnya sehingga Anda tak perlu memusingkan masalah keamanan pembayaran dan transaksi. Untuk mulai berbelanja disana, Anda cukup mendaftarkan diri terlebih dahulu kemudian melakukan transaksi pembelian. Dengan tingkat keamanan yang tinggi, Anda dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman tanpa gangguan.

2. Sebelum membeli, baca kebijakan situs terlebih dahulu
Sebelu benar-benar jatuh cinta dengan sebuah produk dan membelinya, Anda perlu mencari tahu kebijakan toko online tau situs tempat jual beli tersebut. Anda juga perlu memastikan bahwa data yang Anda berikan saat mendaftar tidak tersebar ke publik dan disalah gunakan. Hal ini daoat meminimalisir adanya pencurian data yang merugikan di kemudian hari. Pastikan Anda telah membaca baik-baik kebijakan dari situs web atau toko online tersebut agar segala transaksi Anda aman dan nyaman.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memastikan dan membaca baik-baik perihal kebijakan pengembalian barang jika terdapat cacat produk atau kesalahan pengiriman barang. Hal ini sangat diperlukan agar Anda tidak mengalami kerugian karena tidak teliti dalam membaca kebijakan pengembalian barang dan garansi.

3. Teliti dalam membaca deskripsi produk

Membaca deskripsi produk secara teliti memang sangat penting jika anda berbelanja online. Ini diharuskan untuk memastikan barang yang akan dibeli benar-benar sesuai dengan keinginan anda dan tak salah persepsi. Berbeda dengan toko offline yang semua informasi bisa anda tanyakan pada pramuniaga.Deskripsi produk pun di setiap website bisa berbeda karena fitur yang ditawarkan pun tak sama. Jika deskripsi kurang jelas, anda perlu waktu untuk bertanya pada penjual dan ini tentu membutuhkan waktu dan anda perlu bersabar. Apalagi anda tidak bisa memegang dan melihat secara langsung sehingga foto-foto produk yang ditampilkan adalah satu-satunya media tampilan yang disajikan. Perhatikan selalu deskripsi produk dan harga yang ditawarkan agar anda tidak salah membeli.

4. Hati-hati barang murah
Semua orang menginginkan produk murah tapi berkualitas, tapi saat berbelanja online jangan buru-buru tergiur dengan produk yang dijual murah. Bisa jadi ada cacat, bisa jadi barang bekas, atau informasi lain yang perlu anda gali. Apalagi para penipu di toko online sering menarik calon korban dengan iming-iming harga murah jauh dari harga pasaran. Memang tidak semua barang yang murah berarti penipu atau indikasi barang yang tidak bagus. Makanya anda perlu konfirmasi kenapa harganya murah dan lainnya. Bisa ada factor lain yang membuatnya jadi lebih murah, misalnya harus transaksi dengan kartu kredit atau pembelian dengan produk lainnya.

5. Browsing dengan aman
Meningkatnya transaksi online beberapa tahun belakangan ini telah menciptakan modus criminal baru yang mungkin belum anda kenali. Misalnya pencurian data-data pribadi melalui media browser anda. Untuk itu perhatikan website yang anda kunjungi benar-benar aman dan terenkripsi dengan baik. Caranya cukup mudah, tinggal melihat tanda gembok yang ada di bar alamat website di browser anda. Informasi lainnya adalah perubahan alamat dari http menjadi https atau shttp yang menandakan website tersebut telah aman dari retasan pihak ketiga.

6. Waspadai virus

Virus tak hanya menyerang data-data pribadi anda di laptop atau pc, tapi juga bisa masuk lewat aplikasi browser anda karena menempel lewat situs yang anda buka. Meski pemilik website sudah memberikan jaminan keamanan, tapi taka da yang menjamin computer pribadi anda terbebas dari virus yang menempel. Siapkan antivirus terbaru untuk menghalau spyware dan firewall dari lalu lintas internet yang padat. Setidaknya anda sudah melindungi perangkat anda dengan antivirus terbaru agar tidak ada peretas yang mampu masuk ke dalam sistem computer dan mencuri data-data penting seperti password dan nomor kartu kredit.

7. Pilih Metode pembayaran yang aman
Metode pembayaran yang sering digunakan untuk berbelanja online biasanya melalui transfer langsung ke pengguna. Tapi sebelum benar-benar mentransfer sejumlah uang, pastkan bahwa penjual bukanlah penipu. Atau cara yang lebih aman adalah menggunakan kartu kredit atau rekening Paypal. Jika anda masih ragu dengan metode pembayaran tersebut, usahakan untuk bertemu langsung dengan penjual melalui metode cash on delivery. Namun saat anda berbelanja di sebuah platform toko digital yang memiliki simpanan saldo untuk berbelanja, cara ini terbukti cukup aman dan nyaman karena semua penjual sudah terverifikasi dan ada jaminan dari platform toko digital untuk mengganti kerugian anda jika proses jual beli tidak sesuai.

Semua proses jual beli pasti memiliki resiko, tapi akan lebih baik jika anda berusaha untuk memperkecil resiko penipuan atau salah beli barang di toko online. Cerdas berbelanja online membuat anda menjadi lebih produktif dalam mengelola uang dan mendapatkan barang yang diinginkan.

Leave a Reply