Anda Selalu Gagal Saat Berbisnis? Mungkin Ini Penyebabnya!

Apakah Anda memiliki bisnis saat ini? Jika ya, mungkin Anda setuju bila ada yang mengatakan bahwa untung rugi, berhasil dan gagalnya suatu bisnis ditentukan oleh niat awal dari pemiliknya. Banyak orang di luar sana yang gagal setelah mengalami kebangkrutan pada bisnisnya. Mereka kemudian takut untuk memulai lagi, takut mengeluarkan modal lagi.

Tapi jangan khawatir. Bila Anda saat ini gagal berbisnis, coba simak penjelasan berikut ini. Mungkin saja Anda salah dalam melakukan hal-hal tersebut sampai bisnis Anda tidak pernah berhasil seperti dengan yang Anda inginkan di tujuan awalnya.

1. Anda Kurang Merencanakannya dengan Baik.

Suatu bisnis akan berjalan lancar bila dari awal Anda merencanakannya dengan matang. Sudahkah Anda melakukan itu pada bisnis yang Anda miliki? Sebenarnya Anda tidak perlu sebuah rencana yang sangat sempurna, tetapi Anda hanya perlu bagaimana agar rencana tersebut matang. Artinya, rencana awal ini akan menuntun Anda memenuhi tujuan semula, memenuhi beberapa target. Rencana yang matang akan membuat bisnis Anda lebih terarah dengan baik.

2. Anda Selalu Ragu dan Takut Mengambil Risiko Bagi Bisnis Anda.

Ingatlah. Bahwa Anda berawal dari keputusan untuk keluar dari jalur pada umumnya. Saat teman-teman Anda memilih menjadi pegawai tetap dan mengabdikan dirinya dalam sebuah perusahaan, Anda lebih memilih jalan lain dan bahkan membuat jalan Anda sendiri. Menentukan nasib Anda sendiri. Jika dipikir lebih jauh, Anda tentunya sudah mengambil risiko yang sangat besar melakukan ini.

Maka kenapa tidak Anda membuang sifat peragu Anda dan mengambil risiko sekali lagi dalam bisnis ini? Anda tidak perlu takut dengan faktor keuangan, jika niat Anda dari awal sudah baik dan untuk membahagiakan orang di sekitar Anda, jalan Anda akan dipermudah. Asalkan tentu saja, Anda mau berusaha dengan sangat keras dan tidak menjadi penakut atau pecundang dengan usaha Anda sendiri. Saat Anda merasa gagal berbisnis lagi dan lagi, mungkin Anda lupa bahwa Anda belum mengambil risiko sama sekali untuk bisnis Anda.

3. Lupakan Kata Menyerah, Ini Hanya Sebuah Sugesti agar Anda Gagal.

Menyerah. Satu kata yang diucapkan oleh orang-orang yang selalu merasa dirinya gagal dan tidak pernah percaya diri dengan setiap langkah yang diambilnya. Lupakan kata itu jika Anda tidak ingin gagal dua kali lagi dalam bisnis yang Anda rintis sendiri. Ingatlah bahwa bisnis ini sudah Anda mulai dari awal, dari nol, dengan segala risiko yang Anda ambil, dan dengan banyak hal yang sudah Anda korbankan.

Para penemu-penemu teknologi di masa lalu tidak akan pernah berhasil bila mereka menyerah dengan sekali atau dua kali percobaan yang gagal. Cobalah besarkan hati Anda bila terhenti pada sebuah kegagalan. Bilang pada diri Anda sendiri, bahwa ketika Anda gagal berbisnis, sesungguhnya Anda lebih kuat dan kegagalan-kegagalan tersebut. Kegagalan itu akan habis suatu hari nanti dan hanya keberhasilanlah sebagai gantinya. Angkat kepala Anda kembali dan coba lagi!

Leave a Reply