Risiko Investasi Reksadana yang Harus Diketahui

Investasi adalah pilihan banyak orang ketika ingin mencapai tujuan finansial mereka. Aktivitas keuangan yang satu ini memang memberi keuntungan hingga pada akhirnya bisa membuat kondisi keuangan menjadi semakin baik di masa mendatang. Tak hanya sampai di sini saja, kegiatan ini juga dianggap dapat mengamankan keuangan di masa mendatang, lebih-lebih aktivitas ini dilakukan dengan langkah tepat.

Jika Anda berniat untuk memulai kegiatan ini, tak ada salahnya memilih reksadana sebagai sebuah pertimbangan. Potensi keuntungan yang ditawarkan reksadana bisa dikatakan besar bila dibandingkan dengan berbagai instrumen lain. Namun, sebelum memilih instrumen ini, ada beberapa risiko yang harus Anda sadari, antara lain:

1. Risiko yang terjadi di pasar modal
Sebagai sebuah produk yang diperjual belikan dalam pasar modal, tentu saja reksadana rentan dengan berbagai macam risiko pasar. Perubahan kondisi pasar bisa terjadi setiap saat serta mempengaruhi harga. Hal ini juga bisa disebabkan oleh sentimen para investor secara luas, pergerakan suku bunga yang terjadi, kebijakan pemerintah serta perkembangan kondisi politik, dan yang lainnya.

2. Risiko inflasi
Risiko inflasi juga menjadi salah satu risiko terjadinya potensi kerugian nilai. Hal tersebut dikarenakan kenaikan harga berbagai macam produk konsumsi di pasaran. Sehingga Anda harus siap menghadapi risiko ini.

3. Tidak adanya keuntungan pasti
Di dalam reksadana, keuntungan yang Anda miliki tidak akan dijamin. Risiko inilah yang memungkinkan Anda tidak memperoleh keuntungan, kenaikan nilai hingga pembagian deviden. Hal ini disebabkan karena tidak adanya jaminan dari perusahaan.

Reksadana merupakan salah satu instrumen yang paling menjanjikan dan terkesan aman untuk dijadikan sebagai pilihan, tetapi, jika Anda ingin memulai kegiatan ini, pastikan sudah memahami dengan baik seperti apa potensi keuntungan dan risiko yang akan Anda peroleh.

Jika Anda ingin lebih mudah dalam memilih instrumen untuk tabungan di masa mendatang dan memilih aplikasi asuransi terbaik, Tanamduit siap dijadikan sebagai pilihan. Berbagai macam instrumen ditawarkan oleh Tanamduit. Memiliki tim yang kompeten di bidangnya, sepertinya tidak perlu ragu lagi memilih Tanamduit sebagai partner keuangan masa kini.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan