Segudang Manfaat Bakteri Baik Bagi Tubuh

Mungkin sejauh ini kita menganggap kalau bakteri merupakan sesuatu yang harus dihindari supaya tidak masuk ke tubuh. Tidak dipungkiri lagi jika anggapan terlanjur terbentuk bahwa bakteri adalah penyebab segala penyakit. Namun, anggapan tersebut sebenarnya salah kaprah karena ada dua jenis bakteri, yaitu bakteri jahat dan bakteri baik. Nah, bakteri baik ini sangat berguna untuk kesehatan. Penjelasan kali ini akan mengulas tentang fungsi bakteri baik untuk kesehatan pencernaan.

Perlu Anda ketahui jika di dalam tubuh kita terdapat banyak makhluk berukuran kecil, bahkan mikro yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Makhluk-makhluk tersebut ada, mulai di kulit sampai saluran pencernaan. Berbagai macam mikroba hidup secara alami dan jumlahnya lebih banyak daripada sel di dalam tubuh. Namun, meski kita memerlukan bakteri, tetapi yang diperlukan hanyalah bakteri baik saja. Bakteri ini memiliki tujuan untuk mendetoksifikasi, mengolah, dan mampu menjaga sistem daya tahun tubuh, dan mengunci proses peleburan vitamin di tubuh.

Di negara-negara maju, sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya bakteri untuk tubuh, khususnya untuk saluran pencernaan. Bahkan, orang-orang tersebut mencoba untuk memanipulasi bakteri yang digunakan sebagai bahan riset.

Jika bakteri yang tidak berimbang di dalam tubuh, maka bisa menyebabkan macam-macam gangguan. Ketika jamur dan bakteri jahat lebih banyak daripada bakteri baik, akan muncul gangguan, seperti autoimun sampai kelebihan berat badan. Dengan menyimak peran bakteri, maka langkah tersebut berguna untuk kesehatan kita.

Sampai sekarang, mikroba pencernaan berperan penting dalam metabolisme dan berperan besar dalam mengatur berat badan supaya tidak obesitas. Satu keluarga bakteri, yaitu Firmicutes berperan menyerap banyak kalori. Kemudian, keluarga bakteri selanjutnya, yaitu Bacteroidetes memiliki peran menjaga tubuh kita agar tetap berbadan ideal. Supaya badan tidak mengalami obesitas, sebaiknya didukung dengan konsumsi makanan perbiotik dan makanan berserat. Kami sarankan supaya Anda makan buah-buahan dan jus sayuran berwarna hijau karena sangat baik menjaga keberagaman bakteri baik.

Itulah penjelasan tentang fungsi bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Jika Anda menginginkan informasi yang lebih lengkap tentang kesehatan, kunjungilah https://www.guesehat.com/.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan