Selain masalah ketombe, masalah rambut rontok memang seringkali membuat seseorang bingung untuk mengatasinya. Ada banyak penyebab memang mengapa rambut rontok tersebut bisa terjadi. Sebenarnya cara perawatan rambut rontok tersebut tidaklah sulit untuk anda lakukan. Selain menggunakan bahan kimia, anda juga bisa menggunakan bahan alami.

Ya, bahan alami ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda pilih. Hal ini tidak lain karena bahan alami tidak akan menyebabkan efek samping pada rambut anda. Untuk anda yang ingin mengatasi masalah rambut rontok yang tidak kunjung pergi, anda bisa langsung menyimak beberapa perawatan pada rambut rontok dengan menggunakan bahan alami dibawah ini.

Cara perawatan rambut rontok dengan bahan alami

1. Minyak jojoba
Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok anda adalah minyak jojoba. Minyak yang berasal dari biji tanaman zizyphus jujube ini ternyata sangat baik untuk merawat dan mencegah rambut rontok anda. Minyak ini sendiri akan membantu anda untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Bukan hanya itu saja, kandungan pada minyak ini pun juga membuat rambut anda lebih kuat dan sehat sehingga tidak akan mudah untuk rontok.

2. Lidah buaya
Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini? Lidah buaya sendiri memang menjadi tanaman yang terkenal akan manfaatnya yang melimpah. Anda juga bisa mendapatkan manfaat lidah buaya untuk mencegah rambut anda yang rontok dan mencegah adanya kebotakan.

Untuk pengaplikasian lidah buaya ini pun cukup mudah. Anda bisa mengambil gel lidah buaya dan gosokkan pada rambut dan mulai dari kulit kepala hingga merata. Perawatan ini bisa anda lakukan secara rutin.

3. Minyak kelapa
Cara perawatan rambut rontok dengan bahan alami berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Penggunaan minyak kelapa untuk rambut pun memang bukan menjadi hal yang baru. Hal ini tidak lain karena kandungan yang terdapat didalam minyak kelapa yang cukup efektif untuk mengatasi masalah pada rambut rontok anda. Cobalah untuk menggunakan minyak kelapa tersebut secara rutin.

4. Minyak esensial
Adapun cara lainnya yang bisa anda pilih untuk melakukan perawatan pada rambut anda adalah dengan memanfaatkan minyak esensial. Salah satu minyak esensial yang memberikan manfaat untuk rambut adalah minyak rosemary. Minyak ini sendiri dipercaya mampu meningkatkan metabolism sel dimana mampu menstimulasi pertumbuhan rambut.

Tetapi cara terbaik untuk merawat rambut anda dengan menggunakan minyak esensial adalah dengan menguji reaksi alergi sebelum anda memutuskan untuk mengaplikasikannya pada rambut anda.

5. Kemiri
Kandungan yang terdapat pada minyak kemiri memang dipercaya mampu membuat rambut menjadi hitam. Tetapi ternyata minyak kemiri pun bisa mengatasi kerontokan yang terjadi pada rambut. Pasalnya minyak kemiri ini pun akan membuat akar rambut menjadi lebih kuat sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut anda.

Penggunaan minyak kemiri untuk mencegah kerontokan pun bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa menumbuk kasar kemiri yang sudah disangrai hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebutlah bisa anda usapkan pada rambut.

6. Jeruk nipis
Selain dikenal mampu menghilangkan jerawat, jeruk nipis ternyata juga dipercaya mampu mengatasi kerontokan pada rambut anda. Anda bisa mengambil perasan air jeruk nipis kemudian anda bisa langsung mengusapkan air perasa tersebut secara merata pada kulit kepala anda.

Mudah bukan bagaimana cara melakukan perawatan pada rambut rontok? Demikian cara perawatan rambut rontok paling efektif yang semoga bisa menambah informasinya untuk anda semua.

ditulis oleh

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk