Tidak Punya Waktu untuk Olahraga? Jaga Kesehatan dengan Gerakan Yoga

Sepadat apapun rutinitas kantor yang anda jalani, jangan sekali-kali mengabaikan olahraga. Asupan makanan sehat dan bergizi saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan dan bentuk tubuh. Yoga merupakan salah satu olahraga yang fleksibel. Anda tidak harus datang ke pusat kebugaran, karena bisa dilakukan di rumah.

Beberapa gerakan yoga bahkan bisa dilakukan di tempat tidur dengan posisi duduk ataupun berdiri untuk merelaksasi bagian tubuh tertentu. Selain menjaga kesehatan fisik, olahraga yang sudah sangat populer ini memiliki fungsi spiritual. Salah satunya untuk mengontrol emosi dan ketenangan pikiran. Apa saja manfaat lainnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Pose upside-down
Gerakan sederhana yang bisa dilakukan ketika sedang bersantai yaitu upside-down yang butuh durasi hanya sekitar 2 menit saja. Anda bisa memanfaatkan dinding di kamar tidur ataupun ruangan lainnya. Lakukan gerakan seperti selonjoran, tetapi posisi kaki diletakkan di dinding. Jarak antara pantat & dinding sekitar 6 inci.

Relaksasi tangan dengan menghadapkannya ke atas, tarik napas perlahan dan nikmati peregangan di sekitar kaki bagian belakang. Beberapa orang bahkan bisa melakukan gerakan olahraga yoga sambil membaca buku. Apabila merasa sudah cukup, lanjut ke pose selanjutnya.

2. Gerakan winding down twist
Keunikan olahraga yoga adalah bisa dilakukan di tempat tidur. Anda tidak perlu beranjak ke luar ruangan. Mulai dengan duduk bersila, posisikan tangan kanan di menyentuh lutut kiri dan tangan kiri di tulang ekor belakang. Arahkan badan ke bagian kiri secara perlahan, arah mata bisa mengikuti putaran. Sementara pandangan bisa di bahu kiri bagian atas.

Ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Anda bisa melakukannya untuk arah yang sebaliknya. Pose ini bisa dilakukan selama 2-3 menit.

3. Goddess stretch
Yoga disebut olahraga yang fleksibel karena bisa dilakukan sambil berbaring di tempat tidur. Anda tidak bisa menemukan kondisi ini di olahraga-olahraga lainnya. Atur posisi dengan tidur terlentang sambil menekuk bagian lutut sampai mempertemukan kedua kaki. Nikmati kenyamanan dan peregangan yang dirasakan, terutama bagian paha. Polanya mirip seperti bentuk berlian.

Lengan anda bisa beristirahat di sisi tubuh. Durasinya sekitar 3 menit s.d 5 menit saja. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

4. Child’s pose
Gerakan olahraga yoga yang bisa dilakukan berikutnya yaitu child’s pose. Pertama, anda bisa memposisikan diri dengan duduk bersila. Kemudian, tarik tubuh ke depan. Usahakan dahi menempel ke tempat tidur. Bagian dada akan berdekatan dengan lutut. Lakukan selama 5 sampai 7 menit dengan bernapas lembut.

Keempat gerakan yoga di atas bisa mulai anda parktikkan setelah bangun tidur di pagi hari. Setelah mengetahui gerakan-gerakan tersebut, harusnya tidak ada lagi alasan untuk meninggalkan olahraga.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Tinggalkan Balasan