Tips Meningkatkan Keamanan Saat Berkendara

Kecelakaan lalu lintas merupakan penyumbang terbesar kematian selain penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan diabetes. Melihat angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang masih tinggi, sudah sewajarnya apabila kita perlu meningkatkan safety saat berkendara. Pasalnya, walaupun sudah berusaha berhati-hati, kita tetap bisa terlibat kecelakaan akibat ulah orang lain. Atau bisa juga disebabkan karena kendaraan yang tiba-tiba rusak atau tidak berfungsi dengan benar.
Jaket Respiro
Untuk menghindari berbagai macam kecelakaan di Jalan Raya, dan untuk meningkatkan keamanan saat berkendara, cobalah untuk berkendara dengan baik. Di antara caranya adalah dengan mengikuti tips berikut ini:

Biasakan diri mengecek kendaraan sebelum memulai perjalanan
Tidak peduli jauh atau dekat tujuan yang akan kamu datangi, kamu wajib mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum jalan. Apa saja yang perlu kamu cek kondisinya?

● Mulailah dari mengecek kondisi ban. Mulai dari tekanan angin hingga tingkat keausan permukaan ban
● Cek rem apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Termasuk minyak rem harus dicek secara berkala
● Cek juga kondisi lampu motor. Mulai dari lampu utama harus hidup baik malam maupun siang hari, lampu belakang wajib hidup terutama pada malam hari, lampu reting (lampu sein) semuanya harus berfungsi dengan baik, serta lampu rem harus aktif ketika tuas rem ditarik.

Lakukan servis rutin dan ganti oli secara berkala
Oli mesin akan mempengaruhi kualitas mesin dan respon mesin saat dikendarai. Sangat penting untuk mengganti oli (pelumas) secara berkala sesuai aturan agar kondisi mesin tetap terawat dan tidak menyebabkan masalah saat berkendara.

Saat melakukan servis, jangan ragu-ragu meminta tukang service untuk memeriksa semua kondisi part demi part, terutama kampas rem dan rantai atau sabuk mesin.

Gunakan jaket saat berkendara
Jika menggunakan kendaraan roda dua, pilihlah jaket yang tahan angin dan anti air seperti jaket Respiro. Mengapa? Karena pengendara kendaraan roda dua akan langsung diterpa angin tanpa penghalang saat melaju. Angin kencang berpotensi membuat tubuh kedinginan dan berakibat masuk angin atau mengalami paru-paru basah jika sering berkendara di pagi dan malam hari.

Jaket Respiro merupakan contoh jaket motor yang bagus dan berkualitas dan cocok dikenakan untuk berkendara jarak jauh. Dan tetap oke dikenakan baik siang maupun malam. Harga jaket Respiro sebanding dengan manfaatnya. Melihat kemampuannya menahan angin dan air membuat jaket ini adalah yang paling pas untuk dikenakan oleh siapapun yang menganggap menjaga kesehatan itu penting.

Belilah helm full face untuk melindungi kepala
Ada banyak jenis helm standar yang bisa kita gunakan berkendara dan dianggap cukup aman oleh pihak kepolisian. Hanya saja sebagian besar helm tersebut hanya melindungi kepala bagian samping dan belakang saja. Jarang sekali kita temukan pengendara yang mau mengenakan helm full face yang bisa melindungi kepala bagian depan, samping dan belakang.

Helm jenis ini adalah yang paling recommended jika ingin meningkatkan keamanan saat berkendara.

Biasakan diri menggunakan lajur kiri
Apapun jenis kendaraan yang Anda gunakan, entah itu kendaraan roda dua atau lebih, biasakan diri untuk menggunakan lajur kiri. Ini adalah posisi yang paling aman karena jaraknya jauh dari kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

Selain itu, jalur ini juga akan membuat pengendara yang ingin mendahului bisa dengan leluasa lewat tanpa perlu mengambil jalur kendaraan dari arah yang berlawanan.

Biasakan melambat ketika jalan dalam kondisi licin atau hujan
Ketika jalanan basah karena hujan, jalanan akan berubah menjadi sangat licin karena daya cengkram ban akan berkurang. Akibatnya, jika pada kondisi kering Anda bisa mengerem pada dari jarak 5-10 meter, di kondisi basah hal tersebut nyaris mustahil untuk dilakukan. Selain ban mudah slip, kondisi jalan yang licin akan membuat Anda dan kendaraan sulit melakukan pengereman jarak dekat. Apalagi jika kendaraan melaju sangat cepat.

Bukan sebaliknya, biasakan diri menurunkan laju kendaraan saat hujan atau pada saat kondisi jalan sedang basah.

Leave a Reply