Tips Merawat Baju Kebaya Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Baju Kebaya Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips Merawat Baju Kebaya Agar Awet dan Tahan Lama – Kebaya merupakan salah satu pakaian khas asal Indonesia. Terdapat banyak jenis kebaya mulai dari kebaya kartini, enchim, kutubaru atau yang lainnya yang sudah banyak dipasarkan di toko baik offline ataupun di toko online. Semakin lama, kebaya yang dahulunya hanya dipergunakan oleh para bangsawan ataupun orang tua di acara penting misalnya di acara pernikahan kini mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga banyak model baju kebaya masa kini yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan atau selera Anda.

Namun, karena perawatan yang kurang tepat sehingga menyebabkan kebaya modern yang Anda miliki tersebut mudah rusak. Terdapat tips untuk membantu Anda merawat baju kebaya tersebut. Pertama adalah hindari untuk mencucinya dengan menggunakan mesin cuci apalagi untuk jenis kebaya yang memiliki payet yang cukup banyak. Pencucian dengan menggunakan mesin cuci tidak hanya bisa merusak payet namun juga kebaya Anda apalagi yang menggunakan bahan dasar dari tile dimana bahan tersebut adalah bahan yang cukup rentan rusak.
Tips Merawat Baju Kebaya Agar Awet Dan Tahan Lama
Kedua adalah diangin-anginkan saja. Jika Anda memiliki jenis kebaya yang memiliki banyak hiasan seperti payet atau jenis kebaya pengantin yang menggunakan bahan seperti tile, Anda tidak perlu mencucinya kecuali jika ada bagian yang benar-benar kotor karena kebaya tersebut hanya digunakan di saat tertentu saja dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Anda hanya perlu untuk mengangin-anginkan saja baju tersebut sehingga baju tersebut tidak bau dan jika memang harus dicuci, hindari untuk terlalu sering mencuci baju tersebut. Jika mencuci baju kebaya dengan banyak payet sebaiknya dengan teknik dry clean agar tidak merusak baju.

Ketiga adalah cara mencucinya. Untuk mencuci baju kebaya modern, Anda bisa melakukan hal berikut ini:

Siapkan deterjen yang tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia dan pemutih. Jika bahan atau kain kebaya menggunakan bahan yang halus, bisa gunakan deterjen untuk batik atau diganti dengan shampoo.
Rendam kebaya selama 10 menit dan jangan lebih.

Remas lembut secukupnya dan bersihkan dengan mengucek ringan di bagian yang ada nodanya.
Hindari menggunakan pelembut yang mengandung wax karena bisa merusak serat kain.
Jangan memutir atau memeras kebaya tersebut. Cukup letakkan di atas bentangan handuk, gulung dan tekan agar air meresap ke handuk.

Jemur dengan cara dibentangkan di tempat sejuk yang terhindar dari sinar matahari langsung apalagi kebaya tersebut terbuat dari bahan tulle ataupun lace.

Keempat adalah menggunakan air perasan jeruk nipis. Air perasan dari jeruk nipis ataupun dari lemon tersebut berfungsi untuk membersihkan noda yang membandel yang ada di kebaya modern Anda. Anda hanya perlu untuk memeras jeruk nipis atau lemon dan mengaplikasikannya ke bagian yang bernoda. Gosok dan biarkan hingga meresap kemudian rendam dengan menggunakan air. Dengan cara ini, Anda hanya perlu untuk menghilangkan noda di bagian yang kotor saja tanpa harus mencucinya apalagi jika kebaya tidak terlalu kotor.

Perawatan lainnya untuk baju wanita jenis kebaya modern agar awet dan tahan lama adalah:

Menggunakan kain untuk menyetrika agar kain kebaya yang Anda miliki tersebut tidak mudah rusak karena bersentuhan dengan panas setrika secara langsung kecuali kebaya bahan tile yang tidak boleh disetrika sama sekali. Caranya adalah dengan memposisikan kebaya di bawah lembaran kain tersebut lalu setrika. Jikapun menggunakan pewangi saat menyetrika, semprotkan di atas lembaran kain tersebut.

Gunakan silica gel agar tempat penyimpanan kebaya tidak lembab yang bisa menyebabkan jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *