Waspadai 4 Bahan Berbahaya yang Terkandung dalam Pembalut Berikut

Pemakaian pembalut saat tengah haid bagi wanita di Indonesia memang hal yang sudah biasa dilakukan, mengingat menstrual cup belum begitu populer, selain itu harganya sendiri juga terbilang cukup mahal dibandingkan dengan pembalut yang lebih praktis sekali pakai dan buang. Bahkan untuk varian produknya sendiri juga begitu banyak, bisa pilah-pilih panjang dan ukuran sesuai selera, begitu juga cara yang menggunakan sayap maupun tidak.

Cara memakai pembalut sayap yang benar sangatlah mudah, dengan fiture ini membuat pembalut yang digunakan tersebut nantinya tidak akan geser, sehingga lebih aman. Dalam memilih pembalut yang akan digunakan pada area sensitif ini sendiri hendaknya juga tidak boleh dilakukan sembarangan, karena jika seandainya salah bisa menyebabkan resiko membahayakan untuk jangka panjang, sebut saja resiko penyakit kanker. Berikut ini diantaranya beberapa bahan berbahaya di dalam pembalut yang harus Anda waspadai, yaitu:

1. Klorin, bahan ini digunakan sebagai pemutih pada pembuatan kertas, di dalam pembalut sendiri umumnya juga sering kali ditambahkan dengan tujuan agar warnanya lebih putih. Namun sifatnya karsinogenik, sehingga pemakaian untuk jangka waktu lama bisa menyebabkan kanker.
2. Pewangi tambahan, banyak wanita yang senang dengan pembalut dengan aroma wangi, padahal sebenarnya ini justru berbahaya, karena dalam pembuatannya ditambahkan dengan bahan pewangi yang bisa memicu terjadinya iritasi kulit.
3. Pestisida, meskipun terkadang tidak dicantumkan dalam komposisi bahannya, namun ada beberapa pembalut yang mencampurkan bahan ini dalam pembuatannya, berbahaya karena memang pestisida tersebut bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi bagi penggunanya.
4. Pewarna, zat pewarna yang ditambahkan dalam pembalut juga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal hingga reaksi alergi.

Itulah mengapa selalu memperhatikan komposisi bahannya, cari yang aman seperti Laurier. Penyebab haid tidak lancar dan sedikit bisa jadi oleh gejala penyakit berbahaya yang menyerang organ reproduksi, termasuk diantaranya adalah yang disebabkan oleh pemakaian pembalut berbahaya ini dalam jangka waktu panjang.

Febriyan Cahya Yudha

Selalu berbagi dan jangan lupa untuk selalu menunduk

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan